dc.description.abstract |
Penggunaan model pembelajaran sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran, untuk itu
perlu dirancang suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan
membangun sifat kerjasama dalam kelompok sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Salah satu model
pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran inside outside circle.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran inside outside
circle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Muhamadiyah 03 Medan. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Jl.
Abdul Hakim No.2, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan. Yang terdiri dari 1 kelas yang terbagi menjadi
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data angket, observasi, dan wawancara. Teknik
analisis data dengan menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji fisher untuk menguji
homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis. Aspek Motivasi belajar yang diamati mengalami
peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh dari lima indikator Motivasi belajar pada Pre-test sebesar 72.87
meningkat menjadi post-test 85.03. yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan adanya pengaruh terhadap model pembelajaran inside outside circle terhadap motivasi belajar
siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Muhammadiyah 03 Medan. |
en_US |