DSpace Repository

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 054915 PERKOTAAN TA. 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Aidha Auliyana
dc.date.accessioned 2024-11-13T03:15:04Z
dc.date.available 2024-11-13T03:15:04Z
dc.date.issued 2024-09-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26123
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kolaborasi siswa di kelas IV SD Negeri 054915 Perkotaan T.A 2023/2024. Tujuan penetian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan lember kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan kolaborasi IPAS siswa kelas IV SD Ngeri 054915 Perkotaan. Serta untuk mengetahui kemampuan kolaborasi IPAS siswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penedakatan kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Inntrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisisi datan dalam penelitian ini yaitu meenggunkaan uji prasyarat (uji normlitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and lerarning berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi IPAS siswa kelas IV SD Negeri 054915 Perkotaan, dilihat dari hasil analisi uji hipotesis (uji paired sampel t test) memperoleh hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data memperoleh rata-rata pada kelas kontrol pretest kelompok kontrol adalah 61,88 dan post-test kelompok kontrol adalah 73,80, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelompok ekperimen sebesar 53,01 dan post-test sebesar 73,47. Nilai rata-rata pre-test dan post-test mengalami peningkatan kemampuan kolaborasi, kelompok yang menunjukan peningkatan yang lebih signifikan adalah kelompok eksperimen dengan persentase 15%. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual teacing and Learning en_US
dc.subject Kemampuan Kolaborasi en_US
dc.title PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 054915 PERKOTAAN TA. 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account