DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD 064978 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author FITRIANI, ASI
dc.date.accessioned 2024-11-13T02:24:10Z
dc.date.available 2024-11-13T02:24:10Z
dc.date.issued 2024-09-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26111
dc.description.abstract Hasil belajar siswa yang berupa indeks prestasi dapat dipengaruhi oleh adanya model mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi Permasalahan dalam materi ini yang pertama adalah, bagaimana haal belajar mata pelajaran IPS siswa di siswa kelas III SD 064978 Medan Denai, kedua apakah terdapar model pembelajaran yang bervariasi di SD 064978 Medan Denai selama proses belajar mengajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 064978 Medan Denai. Hal ini disebabkan oleh penerapan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran IPS, kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum diterapkannya pembelajaran inovatif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inside-outside circle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SD Negeri 064978 Medan Denai. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara IOC dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 064978 Medan Denai yang berlokasi di Jl. Manunggal Kelurahan Denai , Kecamatan Medan Denai, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Pretest dan Posttest belajar IPS yang berisi 20 pertanyaan dan dokumentasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD 064978 Medan dengan sampel seluruh populasi. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar 65,291 dan t tabel 1,664 t hitung > t tabel artinya ada pengaruh yang signifikan media poster terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 064978 Medan Denai. Berdasarkan kesimpulan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran tipe Inside Outside Circle dengan pembelajaran Konvensional, maka dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dapat digunakan sebagai alternative model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 064978 Medan Denai en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Inside Outside Circle en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD 064978 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account