DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS SOAL HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADAMATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky, Sundari Putri
dc.date.accessioned 2024-11-13T02:08:29Z
dc.date.available 2024-11-13T02:08:29Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26108
dc.description.abstract Model pembelajaran discovery learning merupakan strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan observasi, eksperimen, dan tindakan ilmiah guna mencapai pemahaman yang lebih mendalam. Dalam model ini, siswa aktif dalam menemukan dan memahami konsep yang diajarkan, serta menyelesaikan masalah dengan mengumpulkan dan mengolah data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran discovery learning berbasis soal HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX di sekolah MTs Az-Zahroh. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX Ibnu Khaldun yang berjumlah 23 orang siswa (sebagai kelas eksperimen) dan IX Ibnu Sina yang berjumlah 23 orang siswa (sebagai kelas kontrol). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi soal dan tes berbentuk essay (uraian) pada materi segiempat dan segitiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t yaitu independent samle t-test dan paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Pada hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terlihat terdapat perbedaan hasil test kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis soal HOTS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Pada uji paired sample t-test diperoleh Sig. (2-tailed) pair 1=0.000 dan pair 2=0.026 yang artinya nilai signifikansi < 0.05, sehingga terbukti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terlihat jelas bahwa terdapat perbedaan rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbasis soal HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa terkhusus materi segiempat dan segitiga en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Soal HOTS en_US
dc.subject Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS SOAL HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADAMATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account