dc.description.abstract |
Model pembelajaran discovery learning merupakan strategi pembelajaran yang
mendorong siswa untuk melakukan observasi, eksperimen, dan tindakan ilmiah
guna mencapai pemahaman yang lebih mendalam. Dalam model ini, siswa aktif
dalam menemukan dan memahami konsep yang diajarkan, serta menyelesaikan
masalah dengan mengumpulkan dan mengolah data. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran discovery learning
berbasis soal HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun
datar segiempat dan segitiga. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX di
sekolah MTs Az-Zahroh. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX Ibnu
Khaldun yang berjumlah 23 orang siswa (sebagai kelas eksperimen) dan IX Ibnu
Sina yang berjumlah 23 orang siswa (sebagai kelas kontrol). Metode penelitian
yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrument penelitian
menggunakan lembar validasi soal dan tes berbentuk essay (uraian) pada materi
segiempat dan segitiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas.
Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t yaitu independent samle t-test dan paired
sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Pada hasil uji independent sample
t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang artinya H0 ditolak
dan Ha diterima. Oleh karena itu, terlihat terdapat perbedaan hasil test kemampuan
berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning
berbasis soal HOTS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional yang berpusat pada guru. Pada uji paired sample t-test diperoleh Sig.
(2-tailed) pair 1=0.000 dan pair 2=0.026 yang artinya nilai signifikansi < 0.05,
sehingga terbukti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terlihat jelas
bahwa terdapat perbedaan rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen maupun kelas
kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning
berbasis soal HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
terkhusus materi segiempat dan segitiga |
en_US |