dc.contributor.author |
HB, AYU LESTARI |
|
dc.date.accessioned |
2024-11-13T01:31:05Z |
|
dc.date.available |
2024-11-13T01:31:05Z |
|
dc.date.issued |
2024-10-18 |
|
dc.identifier.uri |
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26095 |
|
dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan
menulis siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (2) Bagaimana
keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model
pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (3)
Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap
keterampilan menulis siswa pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. Tujuan
penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa pada kelas
kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa
kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (2) Untuk mengetahui keterampilan menulis
siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture
and Picture pada kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (3) Untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan
menulis siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen sebagai kelas IV-A dan kelas kontrol
sebagai IV-B di SDN 101873 yang berjumlah 25 orang kelas eksperimen dimana
terdapat 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan serta kelas kontrol yang
berjumlah 22 orang dengan 15 laki-laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan dua kelas. Instrumen
penelitian ini menggunakan lembar perfomence test (observasi). Teknik
penggumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik
analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan Independent
Sample T dengan perhitungan t-independent satu pihak dengan SPSS 16 yang
menghasilkan sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05. Nilai t hitung sebesar 2.976 dan nilai t
tabel dengan tingkat kepercayaan 95% maka terbukti bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa
Indonesia di kelas IV SDN 101873 Desa Baru. |
en_US |
dc.publisher |
umsu |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Picture and Picture |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Menulis Siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 101873 DESA BARU |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |