Abstract:
Kemacetan Lalu lintas menjadi permasalahan kronis di perkotaan, termasuk di kota
Medan Salah satu ruas jalan yang sering mengalami kemacetan parah pada Jalan
Mongonsidi. Peningkatan volume kendaraan yang signifikan akibat pertumbuhan
penduduk dan aktivitas ekonomi yang dinamis menjadi salah satu faktor utama
penyebab kemacetan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Seberapa
efektifkah system satu arah terhadap kinerja tingkat pelayanan ruas jalan
Mongonsidi, enis hambatan samping jalan pada ruas jalan Mongonsidi. Volume
kendaraan pada pada Jalan Mongonsidi Sebelum pemberlakuan sistem satu arah
adalah 41268,8 ekr/jam, Sedangkan volume kendaraan setelah diberlakuan sistem
satu arah pada Jalan Mongonsidi adalah 20634,4 ekr/jam. FCuk pada jalan
mongonsidi memiliki nilai 1595,2 ekr/jam. Pengaruh hambatan samping di ruas
jalan mongonsidi tidak terlalu berpengaruh karna tidak adanya pedagang kaki lima,
dan kegiatan lain di pinggir ruas jalan mongonsidi