Abstract:
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan penting yang membantu individu mengelola
emosi dan membangun hubungan interpersonal yang sehat. Upaya peningkatan kecerdasan
emosional melalui teknik assertive dilakukan untuk membantu siswa kelas 2 dalam
mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif dan mengurangi konflik sosial di
lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui
teknik assertive pada siswa kelas 2 SMA Tarkeeyahtul Ummah School Thailand. Jenis penelitian
ini adalah penelitian Eksperimen, dengan desain Pre Eksperimen (pretest - perlakuan- posttest).
Hasil pre-test menunjukkan rata-rata subjek penelitian 85,5 memiliki tingkat kecerdasan
emosional yang Low Average (dibawah rata-rata), dan hasil posttest menunjukkan rata-rata
subjek penelitian 110 memiliki tingkat kecerdasan emosional yang Average ( rata-rata).Hasil
analisis uji t untuk menguji perbedaan rata-rata data pretest dan posttest dk = 6, α = 0,05 di
peroleh t (hitung) = 11, 9598 > t (table)= 1, 94318, disimpulkan ada perbedaan secara signifikan
rata-rata skor pretes dengan Rata-rata skor postes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional siswa sebelum dan
sesudah diberikan teknik assertive training. Kesimpulan meningkatnya tingkat kecerdasan
emosional siswa kelas 2 SMA Tarkeeyahtul Ummah school Thailand dari kategori Law Average
menjadi kategori Average melalui kegiatan layanan teknik assertive.