DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN IPA DI SD IT BUSTANUL ULUM

Show simple item record

dc.contributor.author RIDHA, HAFIZAH
dc.date.accessioned 2024-11-08T03:51:44Z
dc.date.available 2024-11-08T03:51:44Z
dc.date.issued 2024-09-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25968
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan memahami siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD IT Bustanul Ulum. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, masih terdapat sebanyak 57% siswa dikelas V yang belum mendapatkan nilai tuntas, atau masih dibawah KKM. Hal ini ternyata disebabkan oleh kurangnya variasi belajar yang dilaksanakan dikelas, diketahui bahwa guru dikelas hanya menggunakan pembelajaran berbasis ceramah, sehingga siswa merasa jenuh dan menjadi faktor utama siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajarn Media Animasi terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada Mata Pelajaran IPA di SD IT Bustanul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas IV yaitu kelas IV A dan kelas IV B yang berjumlah 34 siswa, yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana pada kelas eksperimen siswa akan mendapatkan perlakukan berupa pembelajaran yang menggunakan media animasi, sedangkan kelas kontrol siswa tidak akan diberikan perlakuan seperti halnya dikelas eksperimen Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah Media Animasi , sedangkan variabel terikatnya (Y) merupakan Kemampuan Memahami Materi. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian diuji kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen atau tidak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat pengaruh positif penggunaan Media Animasi terhadap Kemampuan Memahami Materi Mata Pelajaran IPA di SD IT Bustanul Ulum. en_US
dc.subject Media Animasi en_US
dc.subject Kemampuan Memahami Materi en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN IPA DI SD IT BUSTANUL ULUM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account