DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104214 KEDAI DURIAN

Show simple item record

dc.contributor.author NAZMI, AYUNESTIA WIDYATI
dc.date.accessioned 2024-11-07T02:31:18Z
dc.date.available 2024-11-07T02:31:18Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25899
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble di kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian, untuk mengatahui minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD104214 Kedai Durian, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran scramble lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata yang menggunakan model pembelajaran scramble di peroleh sebesar 80,4% dibandingkan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 74%. Nilai tertinggi yang menggunakan model pembelajaran scramble ialah 96,66%, sedangkan nilai tertinggi yang menggunakan model pembelajaran konvensional ialah 81,66% Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada yang menggunakan model pembelajaran scramble dan tanpa menggunakan model pembelajaran scramble, hal ini dibuktikan oleh pengujian hipotesis menggunakan uji independent samples T-test dengan nilai signifikan taraf 5% dengan memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05, selanjutnya Hasil uji distribusi t pada taraf signifikansi (α = 0,05), T-hitung > T-tabel maka data berdistribusi t dengan hasil 5.241 > T-tabel 1,678 maka data dapat dikatakan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil yang diperoleh dari uji-t diperoleh nilai T-hitung yaitu 5.241 dengan frekuensi sebesar = N= 48–1 = 47, pada taraf signifikan 5 % diperoleh T-tabel yaitu 1,678. maka diperoleh T-hitung > T-tabel atau 5.241 > 1,678 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh signifikan dari model pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Scrambel en_US
dc.subject Minat Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104214 KEDAI DURIAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account