dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk bahan ajar pop
up book berbasis permainan pada pelajaran IPAS di kelas IV. (2) Mengetahui
tingkat kevalidan bahan ajar pop up book berbasis permainan. (3) Mengetahui
tingkat kepraktisan bahan ajar pop up book berbasis permainan. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1)
Analyze atau Analisis; (2) Design atau Perancangan; (3) Development atau
Pengembangan; (4) Implementation atau Penerapan; (5) Evaluation atau Evaluasi.
Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation atau
Penerapan, dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Penelitian ini
menghasilkan bahan ajar pop up book berbasis permainan pada materi
keberagaman budaya indonesia di sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi
terhadap bahan ajar pop up book berbasis permainan 94% untuk ahli desain, 97%
untuk ahli materi, 86% untuk ahli bahasa, artinya bahan ajar pop up book berbasis
permainan masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan terhadap
bahan ajar pop up book berbasis permainan untuk respon peserta didik diperoleh
nilai 91% dan untuk respon guru diperoleh nilai 97%, artinya bahan ajar pop up
book berbasis permainan masuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan
hasil penilaian tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar pop up book berbasis
permainan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. |
en_US |