DSpace Repository

Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SD Waladun Shalih

Show simple item record

dc.date.accessioned 2024-11-06T08:26:31Z
dc.date.available 2024-11-06T08:26:31Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25883
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SD Waladun Shalih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Prettest-Posttest Design, karena dalam rancangan ini melibatkan satu kelompok yaitu dengan menggunakan seluruh populasi siswa kelas V dengan jumlah sebanyak 27 siswa, sebagai kelompok eksperimen. sampel pada penelitian diambil dari seluruh populasi yang ada. Sehingga, pada penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh, Adapun variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah Strategi Inside Outside Circle, sedangkan variabel terikat (Y) pada penelitian ini yaitu Keterampilan Kolaborasi. Uji yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Validitas (Expert Judgement) yang di uji langsung oleh dosen ahli, intrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. kemudian, untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh strategi Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi yang Signifikan, peneliti menggunakan Uji Hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pa da penggunaan Strategi Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi, Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai Pre-Observasi siswa sebelum diberi perlakuan dengan nilai 49%, dan dengan rata-rata nilai Post-Observasi siswa setelah diberikan perlakuan dengan nilai 83%. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar <0,001 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jika diartikan secara singkat, maka dapat disimpulkan terdapat “Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SD Waladun Shalih”. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Inside Outside Circle en_US
dc.subject Keterampilan Kolaborasi en_US
dc.title Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SD Waladun Shalih en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account