dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Copy The
Master terhadap Kemampuan Menulis Struktur Teks Eksposisi pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun
Pembelajaran 2023/2024. Kedua bagaimanakah kemampuan menulis struktur teks
eksposisi menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran
bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2023
2024 dan Apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran copy the
master terhadap kemampuan menulis struktur teks eksposisi pada mata pelajaran
bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2023
2024. Jenis pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 6 kelas yang
berjumlah 174. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-B
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang
menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes esai
yang berisi 1 soal yaitu menulis struktur teks eksposisi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kemampuan menulis struktur teks eksposisi oleh siswa kelas
VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pelajaran 2023/2024 dengan model
pembelajaran copy the master berada pada kategori sangat baik karena
memperoleh rata-rata 82,64 sedangkan, kemampuan menulis struktur teks
eksposisi dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena
memperoleh rata-rata 55,83. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan
membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,95 > 1,67,
maka dapat di simpulkan bawah ada pengaruh model pembelajaran copy the
master terhadap kemampuan menulis struktur teks eksposisi pada mata pelajaran
bahasa indonesia oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pelajaran
2023/2024. |
en_US |