DSpace Repository

Pengaruh Model Scramble Terhadap Motivasi Membaca Siswa Kelas II Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Muhammadiyah 32 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Gulo, Novantri Angalita
dc.date.accessioned 2024-11-05T10:38:08Z
dc.date.available 2024-11-05T10:38:08Z
dc.date.issued 2024-09-10
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25853
dc.description.abstract Penggunaan model pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa namun demikian motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh dicarikan guru dalam menentukan dan memilihmodel pembelajaran.Untuk mengantisipasi masalah tersebut yang berkelanjutan maka perlu pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menggunakanmodel pembelajaran scramble, model ini merupakan model pembelajaran yang lebih menekankan pada proses belajar dalam kelompok, Dalam model pembelajaran ini guru akan membantu siswa menemukan dan saling berinteraksi antara satu sama lain. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Menurut Sugiyono, penelitian eksperimen dapat dikatakan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS terdapat pengaruh antara model Scramble terhadap motivasi membacasiswa diperoleh thitung (7,581) > ttabel (1,684), dengan taraf signifikan 0,000< 0,05. Nilai 7,581 lebih besar dari 1,684menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model Scramble terhadap motivasi membacasiswa.Sebelum diterapkan model maka dapat dilihat bahwa untuk kelas Kontrol Pre Test, nilai tuntas sebanyak 5 orang, nilai tidak tuntas sebanyak 16 orang. Untuk kelas Kontrol Post Test nilai tuntas sebanyak 8 orang, tidak tuntas sebanyak 13 orang.Sesudah diterapkan model dapat dilihat bahwa untuk kelas Eksperimen Pre Test, nilai tuntas sebanyak 11 orang, nilai tidak tuntas sebanyak 10 orang. Untuk kelas Eksperimen Post Test nilai tuntas sebanyak 19 orang, tidak tuntas sebanyak 2 orang. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Scramble en_US
dc.subject Motivasi Membaca en_US
dc.title Pengaruh Model Scramble Terhadap Motivasi Membaca Siswa Kelas II Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Muhammadiyah 32 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account