DSpace Repository

Pelafalan Kosa Kata Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Pembelajar Thailand) Melalui Penerapan Direct Method

Show simple item record

dc.contributor.author Amelia, Gita
dc.date.accessioned 2024-11-04T14:00:50Z
dc.date.available 2024-11-04T14:00:50Z
dc.date.issued 2024-10-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25830
dc.description.abstract Penelitian ini akan membahas tentang keterampilan berbicara yang merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Objek teliti adalah pembelajar Thailand dan guru Indonesia sebagai pengajar sekaligus peneliti. Data dianalisis dengan menggunakan metode wawancara. Menggunakan metode langsung dalam mengajar, data yang diperoleh menunjukkan kemampuan pembelajar Thailand dalam melafalkan kosa kata bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melihat kemampuan pelafalan sebagai bukti keberhasilan metode ajar. Pada pertemuan pertama siswa kelas VIII didapati bahwa 5 dari 16 siswa mengetahui bahasa Melayu Malaysia yang umum digunakan dan hanya mampu berucap tidak dengan menulis. Pada pertemuan kedua, 2 dari 16 siswa mampu mengeja nama dalam Bahasa Indonesia. Pada pertemuan ketiga, siswa mampu menulis nama dalam bahasa Indonesia serta melafalkan abjad. Pertemuan keempat, didapati kesalahan dalam membaca teks 3 kata di papan tulis seperti kata saudara dibaca suadara, bersih dibaca berseh dan beberapa kata dengan penggabungan huruf vokal menjadi kesulitan siswa dalam membaca teks. Pada pertemuan kelima, siswa mampu membaca tulisan dalam satu paragraf dengan beberapa kesalahan pengucapan, seperti huruf C dibaca SI. Dari data tersebut diketahui kemampuan melafalkan kosa kata bahasa Indonesia oleh pembelajar Thailand mengalami peningkatan setiap pertemuan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pelafalan en_US
dc.subject Kosakata en_US
dc.subject Direct Method en_US
dc.title Pelafalan Kosa Kata Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Pembelajar Thailand) Melalui Penerapan Direct Method en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account