DSpace Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pop-Up pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri 105277 Hamparan Perak

Show simple item record

dc.contributor.author Syafira, Fitria
dc.date.accessioned 2024-11-02T08:03:58Z
dc.date.available 2024-11-02T08:03:58Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25804
dc.description.abstract Pada jenjang sekolah dasar penggunaan media sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran, media diharapkan mampu menjadi suatu perantara untuk menyampaikan isi materi secara lebih mudah untuk dipahami, terutama bagi peserta didik. Guru yang kurang menerapkan media pembelajaran memberikan dampak peserta didik menunjukkan sikap kurang minat dalam memperhatikan guru dalam menjelaskan materi sehingga terdapat kesulitan dalam mengingat dan memfokuskan materi. Untuk mendukung proses pembelajaran perlu adanya media yang inovatif salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis permaianan. Monopoli sebagai salah satu permainan yang menyenangkan dapat dimodifikasi menjadi media pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Monopoli Pop-Up sebagai media ajar yang menarik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Namun, pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap Implementation. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105277 Hamparan Perak, jumlah keseluruhan satu kelas yaitu 25 siswa, siswa laki-laki terdiri dari 10 orang dan siswa perempuan 15 orang. Instrumen pokok dalam pengembangan ini adalah Lembar Angket Validasi dan Lembar Angket Praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Monopoli Pop-Up pada materi Sistem Pencernaan Manusia dinyatakan valid dan praktis. Tingkat kevalidan dan kepraktisan media Monopoli Pop-Up dilihat berdasarkan pada penilaian oleh Validator Media diperoleh nilai “90,7%”, Validator Materi “93,3%“, Validator Bahasa “92%“, dan hasil penilaian kepraktisan media oleh guru menunjukkan hasil nilai yaitu “88%” yang artinya media “Layak” untuk digunakan dalam media pembelajaran. Kemudian penilaian hasil kepraktisan media oleh siswa “84,96%“ dengan kriteria “Sangat Valid”, yang artinya media “Layak” untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Monopoli Pop-Up en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pop-Up pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri 105277 Hamparan Perak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account