DSpace Repository

Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 105332 Sei Blumei

Show simple item record

dc.contributor.author Maya Shafira, Pratiwi
dc.date.accessioned 2024-11-02T04:45:30Z
dc.date.available 2024-11-02T04:45:30Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25777
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena kurang dalam menggunakan variasi metode, model dan media pembelajaran, dan siswa terlihat malas dalam memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran didalam kelas sehingga kurang menstimuluskemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Metode Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa padamata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 105332 Sei Blumei. Populasi dalampenelitian ini adalah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian/essay yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan dikelaseksperimen (Metode Talking Stick )diperoleh hasil rata-rata pre-test 39,52 dan post-test sebesar 72,85, sedangkan di kelas kontrol (metode pembelajaran konvensional)dieperoleh hasil rata-rata pre-test 34,23 dan post- test sebesar 61,54. Pembelajaran menggunakan metode talking stick memberikan dampak yang signifikan bagisiswa. Dilihat dari nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,017 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri105332 Sei Blumei. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode Talking Stick en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 105332 Sei Blumei en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account