DSpace Repository

Pengaruh Teknik Pictorial Riddle terhadap Kreativitas Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 104215 Sudirejo

Show simple item record

dc.contributor.author Ginting, Roynoaldy
dc.date.accessioned 2024-11-02T02:00:52Z
dc.date.available 2024-11-02T02:00:52Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25750
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan penerapan model pictorial riddle pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104215 Sudirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, dengan jumlah 23 orang siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104215, data siswa yang diambil berupa tes hasil belajar. Guru sebagai peneliti berupa aktivitas guru dalam pembelajaran, dan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pictorial riddle (kunci kesuksesan) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kreativitas siswa. Hasil data pretest sebelum menggunakan model pictorial riddle terdapat nilai rata-rata 72.52 sedangkan berdasarkan hasil posttest eksperimen sesudah menggunakan model pictorial riddle terdapat hasil nilai rata-rata 87.39 mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pula dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebelum penelitian dilaksanakan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject model pictorial riddle en_US
dc.subject kreativitas belajar en_US
dc.subject ips en_US
dc.title Pengaruh Teknik Pictorial Riddle terhadap Kreativitas Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 104215 Sudirejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account