DSpace Repository

Pengembangan Media Puzzle Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Swasta Islam Setia Nurul Azmi Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Kirana, Sasi
dc.date.accessioned 2024-10-25T10:03:14Z
dc.date.available 2024-10-25T10:03:14Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25614
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), pada penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa media puzzle bergambar berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas III sd swasta islam setia nurul azmi medan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui cara pengembangan media puzzle bergambar berbasis problem based learning (PBL) pada pembelajaran matematika, (2) Untuk mengetahui kevalidan media puzzle bergambar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika, (3) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan pengembangan media puzzle bergambar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika. Model yang digunakan dalama penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk puzzle bergambar berbasis problem based learning pada pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil validasi materi terhadap media puzzle bergambar berbasis problem based learning dengan memperoleh nilai 93%, Hasil dari validasi desain memperoleh nilai 93%, pada validasi Bahasa memperoleh nilai 88%. Artinya media puzzle bergambar berbasis problem based learning pada pembelajaran Matematika dengan kategori “Sangat Valid” Hasil dari kepraktisan media, dilihat dari hasil respon guru dengan memperoleh nilai 98%, dan hasil dari respon siswa memperoleh nilai 90%. Artinya puzzle bergambar berbasis problem based learning pada pembelajaran Matematika dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasrkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Puzzle Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas III SD Swasta Islam Setia Nurul Azmi Medan layak digunakan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media Puzzle Bergambar Berbasis Problem Based Learning en_US
dc.subject Model Pengembangan ADDIE en_US
dc.title Pengembangan Media Puzzle Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Swasta Islam Setia Nurul Azmi Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account