Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang
signifikan pada penggunaan media kartu suku kata terhadap kemampuan
membaca permulaan pada siswa kelas II SDS IRA. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control
Group Design. Populasi dan sampel penelitian adalah 40 siswa kelas II SDS IRA.
Instrumen penelitian menggunakan Performance Test kemampuan membaca
permulaan. Berdasarkan hasil analisis data sesudah diberikan perlakuan diperoleh
nilai rata - rata pada siswa kelas kontrol (media papan tulis) sebesar 63,65 dan
Pada kelas eksperimen (media kartu suku kata) hasil nilai rata-rata kemampuan
membaca permulaan adalah sebesar 82,65. Hasil uji prasyarat menunjukkan
bahwa uji normalitas pada kelas kontrol adalah 0,693 dan kelas eksperimen 0,106
karena nilai sig ≥ 0,05 maka dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal dan
Uji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,918 ≥ 0,05 bahwa data bervarians
yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa penggunaan media
kartu suku kata mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. maka nilai signifikansi
0,000 ≤ 0,05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
perlakuan yang diberikan masing - masing variabel. Maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Jadi,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
kartu suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II di
SDS IRA.