DSpace Repository

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author Yudistira, Vira
dc.date.accessioned 2024-10-22T11:02:41Z
dc.date.available 2024-10-22T11:02:41Z
dc.date.issued 2024-08-27
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25548
dc.description.abstract Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung yang berjumlah 179 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 yang berjumlah 31 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretetest posttest design. Instumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini yaitu tes esai atau tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata 50,80 yang dikatakan kurang. Siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 1 siswa (3,23%), siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 12 siswa (38,71%), siswa yang memperoleh kategori kurang sebanyak 7 siswa (22,58%), dan siswa yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 11 siswa (35,48%). Kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata 82,74 yang dikatakan sangat baik. Siswa yang memperoleh kategori sangat baik sebanyak 21 siswa (67,74%), siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 6 siswa (19,36%), dan siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 4 siswa (12,90%). Berdasarkan uji hipotesis dengan membandingkan thitung dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5%. Maka dk = N - 1 = 31 - 1 = 30 diperoleh thitung (11,91) ttabel (1,697). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account