dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh media video animasi
terhadap motivasi belajar siswa di kelas V MIN 7 Langkat dalam pembelajaran
IPS materi kegiatan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VB MIN 7 Langkat yang berjumlah 28 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah validasi ahli dan
hipotesis. Motivasi sebelum menggunakan media video animasi memiliki nilai
yang sangat rendah yaitu 47,71 dengan kategori kurang baik. Sedangkan motivasi
setelah menggunakan media video animasi memiliki nilai tinggi yaitu 74,71
dengan kategori baik. Besarnya pengaruh media video animasi terhadap motivasi
belajar siswa di kelas V MIN 7 Langkat berdasarkan rata-rata pretest (47,71) dan
posttest (74,71) dengan perbedaan rata-rata (mean diference) sebesar 27 (74,71
47,71). Kesimpulan yang di peroleh yaitu penggunaan media video animasi
berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada materi Kegiatan
Ekonomi di MIN 7 Langkat, dengan uji hipotesis menggunakan ttest diperoleh
signifikansi (0,000 < 0,005) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Rata-rata
peningkatan nilai motivasi belajar siswa pada kelas VB lebih tinggi sesudah
menggunakan media video animasi daripada sebelum menggunakan media video
animasi, yaitu sebesar 27 (74,71-47,71) dan perbedaan berkisar antara -31.941
sampai -22.059 (dilihat pada lower dan upper). Hal ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media video animasi dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa |
en_US |