DSpace Repository

PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD PAB 13

Show simple item record

dc.contributor.author APRILLA, SURAIHENA
dc.date.accessioned 2024-10-22T03:33:59Z
dc.date.available 2024-10-22T03:33:59Z
dc.date.issued 2024-08-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25506
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas III SD Pab 13, karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu apakah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan metode inquiry pada pembelajaran ipa dan bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa sesudah adanya penerapan metode inquiry pada pembelajaran IPA kelas III SD PAB 13. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan metode Inquiry pada pembelajaran IPA dan untuk menganalisis tingkat peningkatan motivasi belajar siswa setelah mendapat penerapan metode Inquriy pada pembelajaran IPA di kelas III SD PAB 13 . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Pab 13 yang berjumlah 23 siswa yang terdiri 10 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan aktivitas guru. Instrumen penelitian berupa angket dan aktivitas guru. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA di kelas III SD Pab 13. Pada siklus I terdapat 3 siswa ( 13%) kriteria sangat baik, kriteria baik 13 siswa (57%), 1 siswa (4%) kriteria cukup dan 6 siswa (26%) kriteria kurang, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 5 siswa (22%) kriteria sangat baik, 14 siswa (62%) kriteria baik, kriteria cukup terdapat 2 siswa (8%) dan 2 siswa (8%) kriteria kurang. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 3 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Metode Inquiry en_US
dc.title PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD PAB 13 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account