Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbentuk leaflet pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD
Negeri 064034. LKPD ini disesuaikan serta disusun dengan langkah-langkah model
pembelajaran kooperatif investigasi kelompok. Metode penelitian ini adalah R & D
(Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE Analysis
(analisis),
Design (desain), Development (pengembangan), Implementation
(pelaksanaan), Evaluation (evaluasi). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini
melibatkan satu kelas yang berjumlah 25 siswa kelas IV SD Negeri 064034 Medan
Johor. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket
validasi untuk 3 ahli dan angket kepraktisan guru serta angket kepraktisan siswa.
Hasil penelitian pengembangan LKPD leaflet menunjukkan kelayakan dan
kepraktisan terhadap LKPD yang dikembangkan. Dengan memperoleh nilai rata
rata dari validator materi 93,33% dengan kategori sangat valid, validator bahasa
98,33% dengan kategori sangat valid, dan validator media 94,66% dengan kategori
sangat valid. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa LKPD berbentuk leaflet
layak untuk digunakan berdasarkan dari nilai yang diperoleh dari hasil uji
kepraktisan guru dengan nilai rata-rata 93,33% dan kepraktisan respon siswa
dengan nilai rata-rata 84,2% dengan kategori baik untuk peserta didik. Sehingga
LKPD leaflet layak untuk digunakan di Sekolah Dasar (SD)