dc.description.abstract |
Penelitian ini diawali dengan wawancara awal antara peneliti dengan guru kelas IV MIS Teladan Guppi,
yang mengungkapkan bahwa sebagian siswa belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal (KKM).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keberhasilan Penerapan Metode Tipe Jigsaw yang
efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKn di Mis Teladan
Guppi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek
penelitannya adalah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa (17 siswa perempuan dan 8 siswa laki- laki).
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Penerapan Metode
Tipe Jigsaw efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn di Mis Teladan
Guppi, hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa sebelum penerapan (pra-siklus) hanya terdapat 28%
(7 siswa) yang mampu melewati nilai KKM, kemudian pada siklus I nilai siswa dinyatakan meningkat
dan menunjukkan sebesar 52% (13 siswa) telah memiliki nilai tuntas. Selanjutnya pada tahap akhir yaitu
siklus II terjadi peningkatan signifikan, sebesar 92% (23 siswa) sudah melampaui batas KKM.
Sementara itu, hanya 8% (2 siswa) yang masih belum mencapai nilai tuntas atau tidak melampaui batas
KKM. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode JIGSAW efektif meningkatkan hasil
belajar siswa. |
en_US |