Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa,
yaitu media pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan
metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau
jenuh pada siswa dan minat belajar siswa selama kegiatan pembelajaran IPA masih
terhitung rendah. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu adakah
pengaruh media pembelajaran praktikum terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di Kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran praktikum terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang
menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas
V SD Muhammadiyah 07 Medan yang berjumlah 30 orang Siswa. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini yaitu angket minat belajar Siswa yang berjumlah 15
item yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol
diperoleh hasil rata-rata sebesar 60,33 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar
80,17 dengan menggunakan media pembelajaran praktikum. Dilihat dari hasil
output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran
praktikum terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD
Muhammadiyah 07 Medan