Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Media Gambar Terhadap
Kemampuan Representasi Materi Bidang Datar Siswa Kelas II SDN 064967
Medan Timur. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain penelitian bentuk tunggal (one grup pre-test dan post
test design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri
064967 Medan Timur. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh siswa
kelas II yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian
dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Dari tabel deskripsi
peningkatan kemampuan representasi matematis (Uji N-Gain) dapat dilihat bahwa
nilai rata-rata pre-test sebelum di beri perlakuan yaitu 63,3 dan setelah diberi
perlakuan nilai rat-rata post-test yaitu 90,3 selanjutnya dari tabel deskripsi
peningkatan kemampuan representasi matematis (Uji N-Gain) dapat dilihat bahwa
67% siswa mengalami peningkatan kemampuan representasi matematis dengan
interpretasi tinggi dan 30% siswa mengalami kemampuan representasi matematis
interpretasi dan 3% siswa mengalami kemampuan representasi matematis
interpretasi rendah. Data analisis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan
tabel uji t, diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) untuk nilai pre-test dan post-test
adalah sebesar 0,00 <0,05, maka Ho dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi
Matematis Materi Bidang Datar Siswa Kelas II SDN 064967 Medan Timur.