DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author Afni, Yulia
dc.date.accessioned 2024-10-15T10:44:55Z
dc.date.available 2024-10-15T10:44:55Z
dc.date.issued 2024-09-10
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25438
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Visualization, Intellectualy) terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) rata-rata 43,61 termasuk ke dalam kategori sangat kurang atau gagal. Sedangkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) rata-rata 75,27 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 13,24 > 1,666 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject SAVI en_US
dc.subject Menganalisis Struktur dan Kebahasaan en_US
dc.subject Teks Eksplanasi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account