Abstract:
Penelitian ini didasarkan atas dasar urgensi internalisasi nilai-nilai Motivasi
Belajar Siswa dalam seluruh interverensi pendidikan secara kreatif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Koopratif Tipe
Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran IPS Kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan. Hal ini dikarenakan
pentingnya mahasiswa PGSD sebagai calon guru memiliki kreativitas dalam
menginternalisasikan nilai-nilai Motivasi Belajar pada siswanya di masa depan.
Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head
Together (NHT) dengan sempel penelitian sebanyak 25 Siswa Kelas V-A di SDS
Muhammadiyah 25 Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,
maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan Motivasi belajar pada Siswa
Kelas V-A dengan Mengunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered
Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar siswa lebih baik daripada Siswa
Kelas V-B yang belajar menggunakan pendekatan konvensional dalam Motivasi
Belajar Siswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi
mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Model Pembelajaran Koopratif Tipe
Numbered Head Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar siswa sebagai model
pembelajaran yang inovatif dan futuristik. Kata