dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran Matematika yang ditemukan di MIS Al-Wardah Tembung Kec.
Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Sumatera Utara. Populasi penelitian ini ialah
siswa kelas IV dimana terdapat sampel sebanyak 23 siswa. Instrument penelitian
ini menggunakan angket dan menggunakan skala likert dalam pengukurannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikannya kuesioner kepada
responden pertama-tama memvalidasi kuesioner kepada Bapak Amin Basri S.Pd.I.,
M.Pd dengan nilai 93% (valid). Hasil hipotesis dengan uji t diketahui bahwa hasil
pengujian hipotesis bernilai signifikansi 0,000 atau kurang dari taraf signifikan 𝛼=
0,05, maka sesuai dengan pengambilan keputusan, jika nilai signifikan (2-tailed)
kurang dari ɑ = 0,05 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Penelitian ini jika dilihat
dari hasil uji hipotesisnya yaitu t hitung = - 14.105 yang artinya motivasi belajar
sebelum perlakuan lebih rendah daripada motivasi belajar setelah adanya
perlakuan. Peneliti menyimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Model pembelajaran
kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran
matematika siswa kelas IV MIS Al-Wardah Tembung |
en_US |