Abstract:
Dalam hal meningkatan volume penjualan sangat diperngaruhi oleh beberapa
faktor antara lain: kualitas produk, harga dan saluran pemasaran. Hal ini juga
dilakukan masyarakat Kota Medan. Untuk itu dbutuhkan suatu penelitian seberapa
besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap peningkatan volume penjualan
thrifting pada e-commerce tiktok shop di Kota Medan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap
volume penjualan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap
volume penjualan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh saluran
pemasaran terhadap volume penjualan, dan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas produk, harga dan saluran pemasaran terhadap volume
penjualan thrifting pada e-commerce Tiktok Shop Kota Medan. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen thrifting di Kota Medan yang pernah
membeli produk thrift pada TikTok Shop dengan jumlah sampel 96 orang yang
ditentukan menggunakan rumus Lemeshow Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan angket lalu diuji menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear
Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (versi
24.00). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas produk
terhadap volume penjualan (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh harga terhadap
volume penjualan (sig = 0,002 < 0,05), ada pengaruh saluran pemasaran terhadap
volume penjualan (sig = 0,008 < 0,05), ada pengaruh kualitas produk, harga dan
saluran distribusi terhadap volume penjualan (sig = 0,000 < 0,05). Kesimpulan
penelitian: ada pengaruh signifikan kualitas produk terhadap volume penjualan,
ada pengaruh signifikan harga terhadap volume penjualan, ada pengaruh
signifikan saluran pemasaran terhadap volume penjualan, ada pengaruh kualitas
produk, harga dan saluran pemasaran terhadap volume penjualan thrifting pada e
commerce Tiktok Shop Kota Medan.