Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa serta mendapatkan pengaruh dari model pembelajaran scramble pada
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan dalam pembelajaran IPA materi
Daur hidup pada hewan (metamorfosis) . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.
Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan
yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penenlitian ini adalah tes soal esai . Teknik analisis data yang digunakan
adalah menghitung nilai rata-rata kelas, data validasi, reliabilitas, normalitas,dan
hipotesis. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble
berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 07 Medan. Diketahui rata-rata sebelum di berikan model
pembelajaran sebesar 51,92 dan didapatkan hasil data setelah pemberian model
pembelajaran scramble sebesar 76,12. Pengambilan uji t-test, dapat di lakukan
melalui pendekatan probabilitas, signifikan yang digunakan α=0,05. Bedasarkan
hasil uji t-test, diketahu nilai probabilitas atau Sig(2-tailed) sebesar 0,000, nilai
probabilitas ini lebih kecil di bandingkan tingkat signifikan si 0,05. Hal ini
berarti H0 di tolak sehingga terjadi perbedaan yang signifkan. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble dapat
memepengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.