DSpace Repository

PENGARUH MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD SWASTA TANJUNG ANOM

Show simple item record

dc.contributor.author SIREGAR, ALYDA RIZKIAH PUTRI
dc.date.accessioned 2024-09-26T03:22:31Z
dc.date.available 2024-09-26T03:22:31Z
dc.date.issued 2024-06-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25188
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spin The Wheel terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Swasta Tanjung Anom. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media Spin The Wheel pada pembelajaran IPAS dikelas eksperimen serta untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar di kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian kuasi eksperimental yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Dalam desain ini, terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuannya adalah untuk mengukur dampak perlakuan tanpa pemilihan subjek secara acak. Kedua kelas diberikan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum menggunakan media (Pre-Test) dan setelah menggunakan media (Post-Tets). Kelas eksperimen yaitu kelas IV-A yang menggunakan media Spin The Wheel sedangkan kelas kontrol yaitu kelas IV-B yang menggunakan media gambar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 21 siswa dan kelas IV-B sebanyak 23 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar angket yang berjumlah 25 pernyataan yang sudah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar siswa setelah menggunakan Media Spin The Wheel di kelas eksperimen adalah sebesar 79,28. Sedangkan rata-rata nilai motivasi belajar siswa setelah menggunakan media gambar di kelas kontrol sebesar 63,30. Maka, terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dengan rata-rata nilai kelas kontrol. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Media Spin The Wheel Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Swasta Tanjung Anom en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Media Spin The Wheel, Motivasi Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) en_US
dc.title PENGARUH MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD SWASTA TANJUNG ANOM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account