dc.contributor.author |
SIREGAR, ALYDA RIZKIAH PUTRI |
|
dc.date.accessioned |
2024-09-26T03:22:31Z |
|
dc.date.available |
2024-09-26T03:22:31Z |
|
dc.date.issued |
2024-06-29 |
|
dc.identifier.uri |
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25188 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spin The Wheel
terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Swasta
Tanjung Anom. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui motivasi belajar siswa
dengan menggunakan media Spin The Wheel pada pembelajaran IPAS dikelas
eksperimen serta untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan
media gambar di kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian kuasi
eksperimental yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Dalam
desain ini, terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuannya
adalah untuk mengukur dampak perlakuan tanpa pemilihan subjek secara acak.
Kedua kelas diberikan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum menggunakan media
(Pre-Test) dan setelah menggunakan media (Post-Tets). Kelas eksperimen yaitu
kelas IV-A yang menggunakan media Spin The Wheel sedangkan kelas kontrol
yaitu kelas IV-B yang menggunakan media gambar. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV-A sebanyak 21 siswa dan kelas IV-B sebanyak 23 siswa.
Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar angket yang berjumlah
25 pernyataan yang sudah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang
diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan
H0 ditolak. Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai motivasi
belajar siswa setelah menggunakan Media Spin The Wheel di kelas eksperimen
adalah sebesar 79,28. Sedangkan rata-rata nilai motivasi belajar siswa setelah
menggunakan media gambar di kelas kontrol sebesar 63,30. Maka, terdapat
pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dengan rata-rata
nilai kelas kontrol. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa
“Terdapat Pengaruh Media Spin The Wheel Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Swasta Tanjung Anom |
en_US |
dc.publisher |
umsu |
en_US |
dc.subject |
Media Pembelajaran |
en_US |
dc.subject |
Media Spin The Wheel, Motivasi Belajar |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD SWASTA TANJUNG ANOM |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |