dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Media
Interaktif Berbasis Canva terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi oleh
siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37
Medan dengan jumlah 187 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dikelas
eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan
media Canva, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media melainkan
pembelajaran konvesional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu menulis teks eksposisi
sesuai tema, menentukan struktur dan menganalisa kaidah kebahasaan pada teks
eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan
menulis teks eksposisi dengan menggunakan media Canva memperoleh nilai
rata-rata 78,33 dengan kategori baik, sementara siswa yang tidak menggunakan
media Canva memperoleh nilai rata-rata 52,43 termasuk ke dalam kategori
kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti,
melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa thitung>ttabel yaitu 12,27>1,76. Hal ini
berarti terdapat pengaruh yang signiifikan penggunaan media Canva terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 37
Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. |
en_US |