Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENARA HANOI MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN ARITMATIKA GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Show simple item record

dc.contributor.author WINDA, SARI
dc.date.accessioned 2024-09-17T04:32:22Z
dc.date.available 2024-09-17T04:32:22Z
dc.date.issued 2024-08-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25122
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menara hanoi yang dilakukan di SMA N 01 Tigabinanga. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi atau mengetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran Matematika Menara Hanoi, untuk mengevaluasi atau mengetahui kelayakan media pembelajaran Matematika Menara Hanoi serta untuk melihat tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan media pembelajaran Menara Hanoi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi yaitu hanya sampai tahap pengembangan (Development) saja. Hasil dari penelitian ini adalah validasi kelayakan media mendapatkan persentase 77% dengan kriteria layak, validasi kelayakan materi mendapatkan persentase 86% dengan kategori sangat layak, sehingga didapatkan persentase total yaitu 81,5% dengan kriteria sangat layak. Tingkat kepraktisan dari hasil respon siswa mendapatkan persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan tingkat keaktifan siswa sebelum menggunakan media mendaptkan persentase sebesar 66,25% dan sesudah menggunakan media mendapatkan persentase sebesar 93,75% dengan kriteria sangat tinggi. Terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 27,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menara hanoi matematika materi pola bilangan aritmatika sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran en_US
dc.subject Menara Hanoi en_US
dc.subject Keaktifan Siswa en_US
dc.subject Media Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENARA HANOI MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN ARITMATIKA GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account