Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menara
hanoi yang dilakukan di SMA N 01 Tigabinanga. Tujuan penelitian ini untuk
mengevaluasi atau mengetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran
Matematika Menara Hanoi, untuk mengevaluasi atau mengetahui kelayakan media
pembelajaran Matematika Menara Hanoi serta untuk melihat tingkat keaktifan
siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan media pembelajaran Menara
Hanoi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan ADDIE yang dimodifikasi yaitu hanya sampai tahap pengembangan
(Development) saja. Hasil dari penelitian ini adalah validasi kelayakan media
mendapatkan persentase 77% dengan kriteria layak, validasi kelayakan materi
mendapatkan persentase 86% dengan kategori sangat layak, sehingga didapatkan
persentase total yaitu 81,5% dengan kriteria sangat layak. Tingkat kepraktisan dari
hasil respon siswa mendapatkan persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat
praktis.
Sedangkan tingkat keaktifan siswa sebelum menggunakan media
mendaptkan persentase sebesar 66,25% dan sesudah menggunakan media
mendapatkan persentase sebesar 93,75% dengan kriteria sangat tinggi. Terjadi
peningkatan keaktifan siswa sebesar 27,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran menara hanoi matematika materi pola bilangan aritmatika
sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran