dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran e-comic yang
layak digunakan dan mampu untuk menyelesaikan masalah matematika siswa. Metode
penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dan menggunakan
model pembelajaran 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefenisian (define),
tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran
(disseminate). Akan tetapi dalam hal ini peneliti membatasi hanya sampai pada tahap
pengembangan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih dengan
sampel berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes, yaitu angket
penilaian terhadap media pembelajaran e-comic dan tes sebelum menggunakan media
pembelajaran e-comic (pre-test) dan tes sesudah menggunakan media pembelajaran e-
comic (post-test). Uji coba dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari 15 peserta didik
dan kelompok besar terdiri dari 35 peserta didik. Hasil penelitian desain media
pembelajaran e-comic dinilai sangat layak digunakan pada saat proses pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran e-comic
mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika |
en_US |