dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian metode pengembangan (Research and
Development) yang menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran
papan magnetik untuk pelajaran IPA di kelas V SDN 101788 Marindal Medan.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan
langkah-langkah pengembangan media papan magnetik dalam pembelajaran
dengan materi sistem organ pencernaan manusia untuk kelas V SDN 101788
Marindal Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Development, Design,
Implementation, Evaluation tetapi peneliti memodifikasi hingga sampai tahap
implementasi. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli
yaitu validator ahli materi menunjukkan nilai seratus persen dengan kategori
“valid digunakan”, ahli desain media menunjukkan nilai sembilan puluh empat
persen dengan kategori “valid digunakan”, dan ahli bahasa sembilan puluh persen
dengan kategori “valid digunakan”. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas V-A
SDN 101788 Marindal dengan jumlah siswa dua puluh sembilan orang. Dari hasil
uji coba kepraktisan dengan guru memperoleh nilai tujuh puluh tiga persen
dengan kategori “cukup praktis”, dan uji coba kepraktisan dengan siswa
memperoleh nilai delapan puluh sembilan dengan kategori “sangat praktis”.
Dengan demikian produk ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam
mata pelajaran IPA dikelas V SDN 101788 Marindal Medan |
en_US |