Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, implementasi internalisasi nilai-nilai anti
korupsi melalui pembelajaran civic disposition pada siswa SMP Swasta Bandar
Setia. Kedua, faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam
internalisasi nilai-nilai antikorupsi yang diterapkan di SMP Swasta Bandar Setia.
Jenis penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Data yang
didapat di lapangan kemudian di kelola oleh peneliti yang dijelaskan secara
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SMP Bandar Setia. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunaka triangulasi dan
member cek dengan sumber data dan hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil menunjukan bahwa
Implementasi internalisasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran civic
disposition pada SMP Swasta Bandar Setia terlihat bahwasannya sebelumnya
siswa-siswi Kelas VIII di SMP Swasta Bandar Setia hanya mendapatkan
pembelajaran kontekstual. Faktor-Faktor pendukung dan penghambat dalam
internalisasi nilai-nilai anti korupsi yang diterapkan di SMP Swasta Bandar Setia
yakni faktor pendukungnya yaitu berasal dari adanya muatan/materi pembelajaran
dan kemampuan pemahaman umum terhadap budaya anti korupsi yang telah
dipahami oleh siswa-siswi SMP Swasta Bandar Setia sedangkan faktor
penghambatnya terdiri atas Guru yang membawa mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan (PPKN) tidak sesuai basic jurusannya, kurangnya metode
pembelajaran yang efektif dalam membawakan pembelajaran nilai-nilai anti
korupsi di SMP Swasta Bandar Setia serta faktor lingkungan di luar sekolah