Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pengaruh social media influencer
terhadap buying interest, untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap
buying interest, untuk mengetahui pengaruh social media influencer terhadap
purchase decision, untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase
decision. untuk mengetahui pengaruh buying interest terhadap purchase decision,
untuk mengetahui pengaruh buying interest terhadap social media influencer
melalui purchase decision, dan untuk mengetahui pengaruh buying interest
terhadap brand awareness melalui purchase decision. Sampel penelitian ini yang
digunakan adalah 96 orang responden remaja Kota Medan. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan teknik analisis data SEM
PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Social media influencer terhadap
buying interest berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,015<0,05. (2) Brand
awareness terhadap buying interest berpengaruh signifikan P-value sebesar
0,000<0,05. (3) Social media influencer terhadap purchase decision tidak
berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,201<0,05. (4) Brand awareness terhadap
purchase decision tidak berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,200<0,05.
(5) Buying interest terhadap purchase decision berpengaruh signifikan P-value
sebesar 0,000<0,05. (6) Buying interest terhadap social media influencer dimediasi
purchase decision berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,030<0,05. (7) Buying
interest terhadap brand awareness dimediasi purchase decision berpengaruh
signifikan P-value sebesar 0,000<0,05