dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar.
Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif
sehingga menyebabkan siswa merasa bosan selama proses pembelajaran dan
akibatnya hasil belajar siswa tidak mencapai Standar Ketuntasan Minimal (KKM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana kemampuan menulis puisi
siswa kelas VIII SMP IT Ad Durrah Medan tahun 2023/2024 dengan
menggunakan media instrumen musik, serta peneliti ingin mengetahui bagaimana
kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP IT Ad Durrah Medan tahun
2023/2024 dengan tidak menggunakan media instrumen musik. Dari kedua
penelitian yang dilakukan, peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan penggunaan media instrumen musik terhadap kemampuan menulis
puisi siswa SMP IT Ad Durrah Medan tahun 2023/2024 Medan, Jl. Selamat II No.
7, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatra Utara. Populasi
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Ad Durrah yang berjumlah 142 siswa.
Sedangkan sample diambil sebanyak dua kelas, yaitu 27 siswa kelas VIII-Safir
yang tidak menggunakan media instrumen musik dan 27 siswa kelas VIII-Intan
yang menggunakan media instrumen musik. Berdasarkan kerangka teoritis dan
kerangka konseptual dapat dirumuskan bahwa dalam penelitian ini “Ada pengaruh
yang signifikan penggunaan media instrumen musik terhadap kemampuan
menulis puisi”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis
eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh
akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji-t
Independent Sanple T-Test. Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini
telah menjawab hipotesis yakni: pada kelas VIII-Safir memperoleh nilai rata-rata
74,77 (tidak menggunakan media instrumen musik), sedangkan kelas VIII-Intan
memperoleh nilai rata-rata 79,33 (menggunakan media instrumen musik) yaitu
Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05,
maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan hasil
nilai rata-rata siswa dari kelas kedua kelas tersebut yaitu kelas kontro (tidak
menggunakan media instrumen musik) dan kelas eksperimenn (menggunakan
media instrumen musik) dalam kegiatan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP
IT Ad Durrah Medan. |
en_US |