Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di
SD Negeri 104280 Pulau Gambar khususnya pada kelas V . Berdasarkan
permasalahan dari penelitian yang didapatkan bahwa siswa yang pasif dalam
proses pembelajaran, kurangnya minat belajar siswa, respon siswa selama proses
pembelajaran rendah, pembelajaran hanya menggunakan pembelajaran
konvensional. Hal tersebut menyebabkan rendahnya keaktifan belajar siswa dalam
proses pembelajaran jadi tidak efektif.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh
Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Keaktifan Belajar
Siswa Di Kelas V SD Negeri 104280 Pulau Gambar. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan populasi pe nelitian adalah seluruh kelas V SD Negeri 104280
Pulau Gambar yang berjumlah 32 siswa . Teknik pengambil sampel yaitu Total
Sampling yang dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil
Nilai rata-rata yang diperoleh kelas pre-test adalah 59.25 sedangkan hasil nilai
rata-rata yang diperoleh kelas post-test adalah 77.75. Teknik pengambilan data
menggunakan uji Mann-Whitney U Test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil
nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho
ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara pretest dan posttest Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V
SD Negeri 104280 Pulau Gambar