Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media
pembelajaran Monopoli Berbasis Kebudayaan terhadap minat belajar siswa
dalam Pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 050750 Pangkalan Berandan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data
yang peneliti gunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah teknik sampling purposive
adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan, kelas IV A yang
berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang berjumlah 23
siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media
pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan berpengaruh terhadap minat
belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji
prasyaratan (uji normalita dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dilihat dari
pengujian uji t-tes pada independent simple test terdapat pengaruh media
pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan terhadap minat belajar siswa
dalam pembeljaran IPS dikelas IV pada thitung 15.187 > ttabel 1.680 . Ini
menunjukkan adanya pengaruh yang diberikan pada table diatas jika dilihat
dari Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan dari data output
tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima