dc.description.abstract |
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan
menulis puisi siswa sehingga menyebabkan kesulitan menulis puisi dan Model
pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi dan kurang efektif dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga siswa kurang bisa memahami.
Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan menulis puisi
melalui Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SD Negeri
050712 Hinai Kiri Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Tahun Ajaran
2023/2024.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian PTK dengan pendekatan metode
Contextual Teaching and Learning, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I
dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket dan observasi.
Berdasarkan analisis data, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa dalam
menulis puisi. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi
untuk aspek menyampaikan gagasan dan menentukan tema nilai rata-rata 69.78
dengan presentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 34.72% (8 siswa).
Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi untuk aspek
menyampaikan gagasan, menentukan tema, memilih kata-kata, dan menyusun
kata-kata nilai rata-rata 77.60 dengan presentase siswa yang mencapai nilai KKM
sebanyak 100% (23 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan melalui Contextual Teaching and
Learning pada siswa kelas IV SDN 050712 Hinai kiri tahun ajaran 2023/2024 |
en_US |