Abstract:
Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode role playing terhadap keaktifan
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 095248 Bandar
Masilam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiana pengaruh metode
role playing terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas
V SDN 095248 Bandar Masilam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode role playing terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 095248 Bandar Masilam yang terdiri dari 2
kelas yang berjumlah 42 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik simple random sampling. Simple random sampling adalah teknik
penambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas V
A sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas V B sebagai kelas
kontrol berjumlah 21siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
uji prasyaratan (uji normalita dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode role playing terhadap keaktifan siswa di
kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 095248 Bandar Masilam
berpengaruh terhadap keaktifan siswa, dilihat dari hasil analisis uji t (independent
t-test) diperoleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000<0,05, maka jika Ha diterima dan
Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh metode role playing terhadap keaktifan
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 095248 Bandar
Masilam. Hasil dari analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata setelah diberikan
perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 85 berada pada rentang nilai 80-100 yang
berarti dalam katagori sangat aktif. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang
diperoleh tanpa perlakuan 50,6 berada pada rentang nilai 50-65 yang berarti dalam
katagori cukup aktif. Siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan
metode Role Playing memilih rata-rata lebih tinggi dibandingkan tanpa
menggunakan metode Role Playing