Abstract:
Penelitian ini dilatarblakangi oleh rendahnya kemampuan memahami
siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 164612. Berdasarkan hasil
wawancara dan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, masih terdapat
sebanyak 57% siswa dikelas V yang belum mendapatkan nilai tuntas, atau masih
dibawah KKM. Hal ini ternyata disebabkan oleh kurangnya variasi belajar yang
dilaksanakan dikelas, diketahui bahwa guru dikelas hanya menggunakan
pembelajaran berbasis ceramah, sehingga siswa merasa jenuh dan menjadi faktor
utama siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajarn
Video Animasi berbasis Canva terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada
Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 164612. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh
siswa kelas V berjumlah 28 siswa, sampel yang diambil adalah seluruh bagian
populasi, sehingga menggunakan teknik Sampling Jenuh. Adapun variabel bebas
(X) pada penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis Canva, sedangkan
variabel terikatnya (Y) merupakan Kemampuan Memahami Materi. Uji yang
digunakan dalam penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas untuk melihat
apakah instrumen valid dan reliabel. Kemudian, untuk menguji apakah terdapat
pengaruh signifikan, menggunakan uji hipotesis Paired Sample T-Test, karena
hanya menggunakan 1 kelas percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh secara signifikan pada penggunaan media pembelajaran
berbasis canva terhadap kemampuan memahami materi siswa. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan
dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga
didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat
pengaruh positif penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi berbasis Canva
terhadap Kemampuan Memahami Materi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di
SD Negeri 164612.