Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan media Pembelajaran Pizza
Mart pada materi pecahan dikelas IV SD Negri 1143338 Sei Sentang. validasi ahli media,
ahli materi dan ahli desain, dapat diketahui hasil validasi ahli media sebesar 89% (valid),
hasil validasi ahli materi sebesar 86,6% (valid) dan hasil validasi ahli desain sebesar 98%.
Selain itu, dapat diketahui juga bahwa hasil uji coba kepraktisan guru mendapatkan
persentase sebesar 90% (sangat praktis) dan hasil uji coba kepraktisan peserta didik
mendapatkan persentase 80,2% (praktis). Hasil uji coba dengan guru dan peserta didik
secara keseluruhan menunjukkan tanggapan yang baik terhadap penggunaan media
pembelajaran Pizza Mart tersebut. Dengan hasil instrumen rata-rata valid maka media
pembelajaran Pizza Mart yang dikembangkan dapat dikatakan Valid untuk digunakan
dalam proses pembelajaran.Peneliti menguji Uji coba dilakukan dengan melibatkan 10
peserta didik, persentase yang diperoleh dari hasil uji coba kepraktisan sebesar 80,2%
dengan kriteria “Valid/praktis”, persentase skor kepraktisan yang diperoleh dari penilaian
guru sebesar 90% dengan kriteria “sangat Valid praktis”. Berdasarkan nilai yang
diperoleh dari penilaian kepraktisan media pembelajaran Pizza Mart yang telah dilakukan
dapat disimpulkan bahwa media Pizza Mart dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan
mandiri peserta didik kelas IV SD Negri 1143338 Sei Sentang dalam proses
pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika (Penjumlahan Pecahan)