Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran word wall terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri
040456 Berastagi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang
dipakai pada penelitian ini adalah metode desain true eksperiment yakni pretest
posttest control group design. Media yang dipergunakan dalam penelitian ini
adalah media pembelajaran word wall. Hasil penelitian menunjukkan adanya
pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran word wall.
Hal ini dapat dilihat melalui uji hipotesis yaitu uji N-Gain dan uji
Determinan. Hasil perhitungan N-Gain Score untuk golongan kelas eksperimen,
yaitu 65,70% yang menunjukkan bahwa berada pada golongan cukup efektif.
Sementara N-Gain golongan kelas kontrol yaitu 34,56% yang menunjukkan
bahwa berada dalam kategori tidak efektif. Hasil perhitungan determinan nilai R
Square bahwa penggunaan media pembelajaran word wall memiliki pengaruh
kuat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri
040456 Berastagi, yaitu mencapai 74,2%.