Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas layanan
mobile banking dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah dimediasi oleh
kepuasan nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Medan Pulo Brayan.
Jenis penelitian pada skripsi ini adalah kuantitatif dan data yang digunakan berupa
jenis data primer yang bersumber langsung dari responden yang disajikan dalam
bentuk skala likert. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pada PT Bank
Syariah Indonesia KCP Medan Pulo Brayan dengan sampel sebanyak 100
responden dari hasil menggunakan rumus lemeshow. Teknik analisis data dengan
analisis kuantitatif, yakni menginterpretasikan data yang diolah dengan bantuan
software Smart- Partial Least Square For Windows Versi 4. Hasil dari penelitian
ini adalah variabel Kualitas Layanan Mobile Banking berpengaruh terhadap
Loyalitas Nasabah terlihat dari nilai T-Statistik 2.398 dan taraf signifikan lebih
kecil dari 0.05 (0.017 < 0.05). Variabel Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap
Loyalitas Nasabah terlihat dari nilai T-Statistik 1.107 dan taraf signifikan lebih
besar dari 0.05 (0.268 > 0.05). Variabel Kualitas Layanan Mobile Banking
berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah terlihat dari nilai T-Statistik 2.861 dan
taraf signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.004 < 0.05). Variabel Kepercayaan
berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah terlihat dari nilai T-Statistik 6.668 dan
taraf signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Variabel Kepuasan Nasabah
berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah terlihat dari nilai T-Statistik 5.526 dan
taraf signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Variabel Kualitas Layanan
Mobile Banking berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah melalui mediasi
Kepuasan Nasabah terlihat dari nilai T-Statistik 2.352 dan taraf signifikan lebih
kecil dari 0.05 (0.019 < 0.05). Variabel Kepercayaan berpengaruh terhadap
Loyalitas Nasabah melalui mediasi Kepuasan Nasabah terlihat dari nilai T
Statistik 4.208 dan taraf signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05)