Abstract:
Pancasila memiliki makna tersendiri bagi Bangsa Indonesia, yaitu sebagai dasar negara,
sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia, sebagai pandangan jiwa dan kepribadian Bangsa
Indonesia, sebagai alat pemersatu bangsa, sebagai paradigma dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi Bangsa Indonesia, serta sebagai paradigma
reformasi. Garis-Garis Besar Haluan Negara secara tersirat menyatakan bahwa pendidikan
moral adalah program pendidikan yang memperhatikan psikologi dan disajikan untuk tujuan
pendidikan, menata dan menyederhanakan sumbersumber moral. Moral Bangsa Indonesia itu
sendiri adalah Pancasila yang mana tiaptiap sila itu relevan dengan sikap, perilaku, tingkah
laku, yang dapat diterima secara luas oleh masyarakat di negara bahkan di dunia
internasional. Dikarenakan moral ini sangat penting dalam kehidupan sosial setiap orang, oleh
karena itu sedari dini diajarkkan pendidikan moral kepada anak-anak terutama moral bangsa
Indonesia. Tujuannya agar kelak mereka dapat berperilaku dengan baik sehingga mudah
diterima di lingkungan masyarakat manapun. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu
service learning dengan tahapan pra implementasi, implementasi, dan pasca implementasi.
Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta didik di Sanggar Bimbingan Intan Baiduri
Selayang Malaysia mulai berperilaku/bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta
memahami dan mengetahui makna dari Pancasila itu sendiri beserta penerapannya.