DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 064967 MEDAN TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.author AGUSTINA, MAHARANI
dc.date.accessioned 2024-08-26T06:48:26Z
dc.date.available 2024-08-26T06:48:26Z
dc.date.issued 2024-08-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24907
dc.description.abstract Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, serta guru juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatuf tipe STAD (Student Teams achievement Division) terhadap keaktifan belajar IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 064967 Medan Timur ? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Design, yang melibatkan kelas eksperimen (IV A) dan kelas kontrol (IV-B). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t atau SPSS dan data dari lembar observasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran STAD memenuhi kriteria penilaian sangat baik, (2) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan model STAD di dapat thitung > ttabel yaitu 6,762> 2,01174. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 064967 Medan Timur. en_US
dc.subject Model Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) en_US
dc.subject Keaktifan Belajar Siswa en_US
dc.subject Pembelajaran IPS en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 064967 MEDAN TIMUR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account